Anne Ahira: Kau Dipuja, Kau Dihina

Judulnya kedengarannya puitis kan? Atau malah serem? Biarlah pembaca yang menafsirkannya. Bagi saya ini trik untuk menjerat perhatian para calon pembaca. Langsung ke pembahasan. Saya rasa anda sudah tak asing lagi dengan nama Anne Ahira, salah seorang sosok internet marketer indonesia yang konon paling top, pendiri AsianBrain, sebuah kursus pembelajaran bisnis internet.

Setelah saya mengetik nama Anne Ahira di search engine, saya menemukan dua sisi lain Anne Ahira yang saling bertentangan. Ada Ahira yang dipuja, di sisi lain banyak juga yang justru menyerangnya. Dipuja di sini dalam artian mereka yang memberikan komentar positif atas apa yang dilakukan oleh Ahira dkk, dan sebaliknya ada pula barisan mereka yang memberikan penilaian negatif.

Dari yang positif, salah satu review yang menurut saya cukup kuat ditulis oleh Bob Bastian. Review ini saya temukan di forum Bisnismu. Bob menyampaikan bahwa Ahira membuat sebuah kursus dengan materi-materi yang berkualitas. Metode pembelajarannya simple, terprogram sehingga sangat cocok bagi siapapun yang ingin sukses dalam bisnis online. Kata kunci yang disampaikan oleh Bob, Ahira menyampaikan tahapan demi tahapan, bukan cara cepat menjadi kaya. Review bisa dibaca di sini.

Dari ceritanya, Bob sepertinya sudah lama mengenal Ahira. Dan membaca review Bob saya tak menangkap kesan sesuatu yang dilebih-lebihkan. Nadanya datar, tak ada kata-kata yang bombastis seperti kebanyakan yang disampaikan para pebisnis MLM. Di luar Bob, memang banyak ditemukan pengikut-pengikut Ahira yang sepertinya cuma “sami’na wa atho’ naa” alias sendiko dawoh alias lagi guru kencing berdiri murid..ah lanjutin saja sendiri:)

Sementara itu, jauh-jauh hari Om Priyadi telah mengupas tuntas tentang sosok Ahira yang menurutnya sebagai sumber masalah di internet. Banyak orang tergiur oleh janji-janji bisnis internet, bisa hidup dengan materi berkecukupan, sementara banyak orang memang butuh karena cari pekerjaan susah, dan Ahira dkk mengisi kekosongan ini, yang bukan memberikan jalan keluar, tapi justru menambah masalah. Mereka terjerat dalam siklus matarantai bisnis MLM.

Priyadi tentu tak sendiri. Dan dilihat dari sepak terjang blogger satu ini, dia punya pengaruh yang kuat ke sejumlah kalangan blogger. Maklum dia terhitung blogger senior. Dia juga masuk ke 100 Top blogger di indonesian matter. Membaca ulasan Priyadi, saya menemukan sebuah pengamatan yang jernih lagi mendalam. Di luar sana, memang banyak barisan penolak Ahira yang asal bunyi alias asbun.

Malah ada yang kreatif membuat satu blog AntiAhira yang berisi penolakan-penolakan atas teori-teori AsianBrain-nya Anne Ahira. Isu banned Parked.com ternyata juga menyeret-nyeret nama Ahira. Silakan baca di sini.

Terus di mana posisi saya, di pihak yang pro atau kontra? Mending saya tanya anda dulu, anda sendiri bagaimana?

Baca laporannya dalam bahasa Inggris. Read this post in English>>>

11 Comments »

  1. […] ini juga diterbitkan di sini. Baca laporannya dalam bahasa Inggris. Read this post in […]

  2. wah kok copas…ati-ati google sandbox

  3. Salim Hsu said

    Netral aja ah.. ambil yang baiknya, jauhi yang jeleknya.🙂

  4. piton said

    Blog n info yang bagus:)!

  5. Adhani said

    semua orang bilang bisa ngajarin gimana cara dapet uang e malah suruh bayar,bisnis bisnis,emang ilmu itu mahal sangking mahal saya hampir ngak bisa kuliah,n sekarang nyoba di internet e mbayar juga,aq pingin ada seseorang ngajarin aq dengan sabar n dapet duit tapi binggun sapa?,terus kalu dapet duit beneran aq harus ngasi terimakasih apa kedia?,

    dari sini aq pengen dapet duit dulu baru baya,atau bayar dulu baru dapet duit, so semoga da dewa-dewi keberuntungan yang nolong aq

    kritiklah blog ni “saya cuman pengen kritikan n saran”damai broo
    http://www.kedaikreatif.wordpress.com
    http://www.jogostu.blogspot.com

  6. bangtoror said

    apa iya…

    kalau emang dunia udah mengakui kenapa
    kita masih ‘menggoyangnya’?

    bagaimana rasanya kita kalau oarang lain
    tidak menghiraukan kita?

    kalu udah begini saya jadi inget “Goyang Ngebor”
    saat ‘booming’.
    Bagaimana para seniornya terus mengusiknya…

    Toh dia terus meroket.

    Apakah dengan anti seseorang membuat hati kita

    tentram?

  7. […] Apapun komentar anda, Asia Bersama hingga hari ini masih bertahan. Sudah puluhan ribu member bergabung. Dari sejarah bisnis internet indonesia, fenomena Asia Bersama menandingi fenomena bisnis Ane Ahira. […]

  8. agus said

    makasih informainya…numpang baca2:)

  9. Kalau menurut saya, mirip seperti kita melihat sebuah pisau. Dari sudut mana kita memandangnya.

    Bila kita punya pengalaman yang kurang baik ( trauma ) dengan pisau tadi, misalnya karena pernah tidak sengaja keiris tangannya, maka kita akan membayangkan hal negatif.

    Namun bila kita tidak mempunyai bayangan buruk dengan pisau tadi maka kita bisa gunakan untuk berbagai keperluan yang bermanfaat.

    So, selalu ada dua sisi untuk sekeping mata uang. Sampai kapanpun akan ada selalu yang pro dan kontra untuk apapun. Ibarat ada siang ada malam! Presiden sebagus apapun, masih ada yang pro dan kontra. That’s the way life goes on!

    Pendapat saya? karena saya tidak punya pengalaman negatif dengan Ahira, so I love her! Muach!🙂

    Nggak…nggak… nggak, saya ditengah aja!🙂 Wait and see, mengamati aja dulu!🙂

    Mantap!

  10. azai said

    Saya ada rencana mo ikutan anne ahira gimana yah? Sebenarnya perlu apa nggak sih? materinya apa saja sih? klu liat di blog yg anti (tercantum di atas) kok materi-materinya hampir2 mirip dgn yang saya lakukan selama ini, maklum selama ini otodidak. pengennya sih ikutan biar lebih terarah? Mohon pendapatnya…

  11. lukman said

    ambil yang positipnya aja, kalo ga ada anne ahira, mungkin trafic internet ga akan setinggi sekarang😀

    yang pasti apapun namanya, asalkan bisa menghasilkan dalam segi positip, tidak ada salahnya diikuti.

    daripada namanya sudah mendunia, tapi yg diajarkannya salah, contoh : Adolf Hitler

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

