Mengais Dollar dari Salah Ketik Nama Domain

Barangkali anda pernah tak sengaja salah mengetik nama situs. Anehnya, meski belakangan anda menyadarinya nama situs/domain yang anda masukkan di browser salah ketik, tapi nama situs salah ketik itu ada isinya.

Misal anda ingin mengetik blogger.com tapi yang tertulis bloger.com, atau ingin membuka situs friendster anda salah mengetiknya menjadi frendster.com. Yang keluar bukannya situs yang anda maksud, tapi situs itu berisi halaman yang penuh dengan link-link iklan. Ini pekerjaan siapa lagi kalau bukan ulah para Juru Parkir.

Trik memanfaatkan salah ketik alamat situs ini tampaknya banyak dilakukan oleh para pemain bisnis domain parking yang makin hari makin menjadi. Tak percaya, silakan anda buktikan sendiri. Ingat-ingat nama-nama situs yang paling familiar menurut anda, lalu coba anda lakukan salah ketik, dengan diurutkan dari huruf pertama. FRIENDSTER anda ketik Frendster, Frindster, Friendter, blogvertise dengan blogvertis , linkworth dengan linkwoth dan seterusnya.

Memang teknik memanfaatkan salah ketik nama situs ini akan sangat menguntungkan, apalagi bila situs yang dijadikan sasaran adalah situs-situs populer yang banyak dibuka orang. Disebut menguntungkan karena anda tak perlu membayar mahal untuk mengiklankan situs domain parking anda di adword, atau mengerjakannya dengan teknik SEO yang dipastikan butuh waktu yang tidak singkat. Tapi hanya dengan salah ketik, pengunjung berdatangan tanpa diundang.

Nah, jika anda ingin mengikuti jejak itu, saya berikan tips dari hasil riset kecil-kecilan yang saya lakukan:

(1) Huruf apa yang ada di keyboard yang biasanya luput dari jari kita saat mengetik. FRIENDSTER, mana diantara huruf ini yang paling besar kemungkinan akan terjadi salah ketik.

(2) Pilih sasaran situs-situs populer dengan nama yang tidak terlalu panjang. Kenapa demikian? Karena jika anda ingin memanfaatkan salah ketik, maka dengan nama situs yang panjang, peluang salah ketik semakin kecil. Misalnya “makemoneyfornewbie.com” maka peluang salah ketik itu akan sepanjang jumlah hurufnya. Dengan nama domain yang singkat, misal Yahoo, maka peluang itu akan makin besar. Misal anda buat Yaho, Yhoo, Yaho…

(3) gunakan satu jebakan salah ketik dengan satu huruf saja. Jangan anda langsung sekaligus memasang salah ketik dua atau tiga huruf sekaligus. Misal Indonesiamatters, anda membuatnya ndonesiamater.com, maka peluang anda akan tersaring melalui tiga tahap: mereka yang tak memencet tombol i, t, dan s dalam waktu yang bersamaan. Kecil kemungkinannya?

(4) Nah, kalau mau melakukan salah ketik dari dua atau tiga huruf, maka manfaatkan ejaan yang bisa membuat bingung orang. Misal Clixsense, anda membuat situs tandingannya Clicksense, blogvertise anda menuliskannya blogvertis. Salah ejaan ini tampaknya juga mempunyai peluang yang besar.

Advertisements

8 Comments »

  1. ruzdee said

    maap saya sedikit gak enak hati pada tulisan anda “Ini pekerjaan siapa lagi kalau bukan ulah para Juru Parkir.”. Apakah seorang tukang parkir salah bila mengais rejeki dibidang ini? maap saya sendiri juga menjadi tukang parkir walaupun masih newbie. Tapi bukankah gak ada larangan untuk menjadi tukang parkir, selama juru parkir tersebut tidak menjerumuskan kedalam situs parkiranya

  2. saya juga tukang parkir kok mas rudzee:)

    hanya saja saya sering merasa dilema dengan kenyataan bahwa banyak teman-teman sesama jukir yang melakukan spam.

    apakah memanfaatkan salah ketik nama domain termasuk spam?

    bagaimana pendapat teman2 yang lain?

  3. tanto said

    saya masih sgt binggung nih….

  4. Marvin said

    Saya ingin jadi juru parkir tapi saya baru belajar masuk ke dunia ini.

  5. subkioke said

    memang susah bisnis online, jenis usaha banyak yang sama. karena gurunya sama. yang menjanjikan malah adult web. tapi kudu hati-hati. uangnya “nggak halal”

    yang bagus mungkin saat ini adalah bisnis, membuat internet Generasi Kedua atau Internet 3G. Internet sekarang ini saya lihat sudah “Jenuh”.

  6. Isnaen Wiardani said

    ada yg mau domain plesetan situs besar gk. “www.clikbanks.com” dilelang cepetan ke TKP http://www.kaskus.us/showthread.php?p=144297321#post144297321

  7. agus said

    bosss,saya mau tuh jadi juru parkir tapi ko ribet bgt ya ,saya aja masih binggung sama blog saya apalagi jadi juru parkir

  8. shall said

    waw ada ilmu baru neh….
    http://link2new.wordpress.com/

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: