Surat Terbuka untuk Tim Support WordPress

Berikut ini adalah pesan yang dikirm oleh seorang teman karib yang saya terima melalui email sore tadi. Yang bersangkutan baru saja mendapatkan musibah. Blognya disuspend oleh wordpress. Saya berinisiatif memuatnya di blog ini sebagai bentuk solidaritas sesama teman juga sesama blogger yang numpang di wordpress. Berikut ini adalah pesannya, masih asli tanpa diedit sedikitpun.

Hari ini, 7 April 2008, salah satu blog saya di wordpress tak dapat diakses. “This blog has been archived or suspended for a violation of our Terms of Service”. Begitulah pesan yang menggantikan halaman blog saya saat ini.

Ada beberapa poin dalam ToS WordPress. Pada kasus blog saya, ada bagian di-bold pada poin 2, sub ketiga; kemudian poin 11, 12. Apa saja poin ToS wordpress itu, di sini.

Seingat saya hampir semua posting di situ adalah tulisan yang saya buat sendiri alias original. Apa saya pernah menggunakan gambar dalam posting yang saya ambil dari sebuah situs yang melarang orang lain menggunakannya? Sepertinya juga tidak. Ataukah gara-gara poin ke-2, blog saya ditujukan untuk mendatangkan traffic atau meningkatkan page rank pihak ketiga?

Benar, beberapa posting saya di blog itu adalah post untuk paid review. Tapi sejak kapan wordpress melarang blog untuk paid review? Lagian blog saya juga tak semuanya untuk paid review?

Saya tetap positif thinking, tapi juga curiga. Jangan-jangan ada orang usil yang sengaja mengirimkan flag dari blog saya. Tapi untuk orang tersebut melakukan hal itu?

Saya tak tahu. Tak tahu pasti apa alasan utama WordPress mensuspend blog saya. Yang jelas saya kecewa, wordpress tak pernah sekalipun memberikan pemberitahuan terlebih dahulu, tahu-tahu disuspend. Misalnya mengabari jika ada link, atau orang yang komplain pada posting tertentu, sehingga ada proses diskusi, ada waktu untuk membenahi. Kalau sudah begini, ya alamat blog hilang. Dan seperti menghubungi tim support blogger, tim support wordpress juga susah di hubungi. Seharian saya nongkrongi tapi link suppot masih belum tersedia.

Saya kecewa pada wordpress. Saya tahu saya hanya menumpang, dan sebegai penumpang gratisan, saya pun sudah seharusnya rela diusir kapanpun. Tapi, apakah seperti itu yang diberikan si tuan rumah WordPress. Dari blog itu, ada beberapa posting yang saya tulis dengan jujur, saya niatkan untuk berbagi, dan dari sekian pembaca blog saya, saya yakin ada satu dua yang mendapatkan manfaat. Kejam sekali kau wordpress. Sungguh kau tidak berperikemanusiaan:)

2 Comments »

  1. pulsa bisnis said

    wah hik hik😦 jadi ingat blog wp saya yg di suspend juga ama wordpress pdhl dah populer

  2. koko said

    kunjungi blog ku ya. . .
    dan jangan lupa beri komentarnya

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

