Text Links Homepage dan Pengurangan Page Rank

Saya tak tahu persis apa yang menyebabkan salah satu blog saya turun dari Page Rank 3 ke Page Rank 0. Blog tersebut saya ikutkan beberapa program paid review, antara lain blogvertise, linkworth dan reviewme. Tapi dari ketiga paid review itu, blog itu saya prioritaskan untuk blogvertise, karena hampir tiap hari saya bisa mengunduh dollar dari Grab Bag Task.

Baru saja saya mengetahui jika blog itu terkena penurunan page rank. Tak tanggung-tanggung, langsung 0 dari peringkat 3. Apakah ini karena saya ikut paid review? Bisa jadi, tapi bukankah saya sudah ikutan lebih dari 6 bulan, dan blog ini aman-aman saja. Jangan-jangan karena Paid Text Link Homepage yang dipasang di halaman depan blog?

Saya menduganya Text Link Homepage itulah sebagai biang keladi blog saya terkena dampak pengurangan page rank. Sebelumnya saya memang menolak memasang Text Link, cuma sekali karena tergiur harga link dari Text Link Ads. Itung-itung enak, nggak perlu buat review, cuma masang link, dapat bayaran. Tapi saya tak memperpanjang kontrak link dari TLA setelah pengurangan PR dari 4 menjadi 3. Dan bulan lalu, entah kenapa, karena saya juga belum yakin apakah paid link menyababkan pengurangan PR, saya menerima tawaran text link homepage dari blogvertise dan linkworth. Belum sempat saya menerima pembayaran dari mereka (Blogvertise dibayar terhitung satu bulan dari tanggal pemasangan link, atau posting review), blog saya jatuh ke PR 0.

Baiklah, saya jadikan ini sebagai pengalaman. Mulai saat ini, saya akan katakan tidak dan tidak tergiur pada Text Link Homepage.

Kenapa? Beberapa program paid review mempersyaratkan Page Rank (kecuali Sponsored Reviews dan Smorty), dengan PR yang tinggi harga review yang didapatkan juga akan tinggi, dengan PR 0 maka kesempatan untuk ikutan paid review dan mendapatkan harga reveiw yang tinggi sirna.

Kesimpulannya, TEXT LINK HOMEPAGE memang enak. Kita dibayar tanpa perlu membuat review. Cuma memasang link. Ya, memang enak, tapi tak enak di buntutnya. Jadi, jika anda ingin menjadikan blog anda sebagai mesin penghasil dollar untuk jangka panjang, text link homepage sangat tidak direkomendasikan.

8 Comments »

  1. […] blogspot. Sejauh ini blogspot oke-oke saja dengan konten paid review. Cuma kalau blog anda kena pengurangan Page Rank, itu urusan lain. Anda perlu taktik. Salah satunya, hindari hometext link […]

  2. […] page rank 3-4. Dan setelah hampir enam bulan berjalan efektif, satu-persatu blog saya bertumbangan. Beberapa blog saya kini terpuruk dari page rank 3 ke 0. Padahal sejumlah paid review mempersyaratkan page rank, yang tak begitu rewel sponsored review, […]

  3. […] tak hanya berlaku untuk pemasangan paid link di halaman depan seperti yang saya sampaikan di posting sebelumnya, tapi pengurangan PR juga berlaku untuk blog yang berisi paid […]

  4. […] reduction, paid content, paid link trackback Dari beberapa informasi yang saya peroleh, sejumlah blogger mengeluhkan paid link yang dipasang di halaman depan blog/situs dapat membuat blog anda dikurangi page ranknya. […]

  5. ika said

    oh jadi itu masalahnya,,waduh kayaknya saya juga harus ngilangin text ads di homepage neh,,,tatuuuuut

  6. wah ..kok bisa terdeteksi ya? kalau blogrol yang dijadikan text link ads gimana?

  7. reza 13 said

    memang benar…tapi kalo main di paidreview saya tak begitu takut untuk namanya pengurangan PR. Sperti di Sponseredreview, kalo blog turun prnya jgn di update untuk tidak mengurangi tingkatnya.

  8. Fadhly said

    Hhmmm.. Mantap…

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

