Update Page Rank Reduction (Pengurangan Page Rank)

Satu blog lagi turun dari Page Rank (PR) 4 ke PR 2. Padahal saya tak memasang Paid Link di halaman depan. Pengurangan ini terjadi hanya selesih beberapa menit setelah saya posting review untuk Cheaperthanhotel. Dengan kejadian ini, pengurangan page rank ternyata tak hanya berlaku untuk pemasangan paid link di halaman depan seperti yang saya sampaikan di posting sebelumnya, tapi pengurangan PR juga berlaku untuk blog yang berisi paid post/review.

Jujur, saya benar-benar sedih. Seperti baru saja kehilangan pacar. Pasalnya satu-satunya blog saya yang punya PR tinggal ini, tapi akhirnya juga didamprat oleh Google. Dengan turunya PR ini, maka kesempatan untuk mendapatkan harga review yang lumayan tinggi mulai menipis. Jika memang masih ingin ikutan paid review, saya harus berlapang dada untuk mengerjakan review dengan tarif kecil-kecilan. Hihi…..

Untuk sebulan ke depan, saya akan mengurangi aktivitas paid review. Saya akan memfokuskan bagaimana mengembalikan page rank sambil mencari alternatif pemasukan. Saya masih bersyukur, meski pendapatan dari paid review berangsur-angsur berkurang, pendapatan dari Adsense ternyata malah meningkat. Tak banyak sih. Bulan April ini, earning dari Adsense hampir tembus angka $100. Ini juga tak hanya dari satu blog, tapi beberapa blog. Yang bener-bener difokuskan untuk Adsense ada sekitar 5 blog.

Bagi teman-teman yang ingin tetap menggarap paid review, ada beberapa saran yang dapat saya berikan. Jangan terlalu bernafsu memborong paid review sekaligus dalam satu blog. Usahakan posting untuk review dan non review tetap diimbangi. Kalau bisa, satu posting review, diselingi tiga posting non review. Dengan trik ini, setidaknya akan menghilangkan jejak Google mengindek adanya paid link di blog anda. Semoga bermanfaat.

5 Comments »

  1. tantan said

    kapan tu mas turun PR nya??!!
    btw, thanks mas for reminder😉

    • Rusty said

      You got to push it-this esiestnal info that is!

  2. Han said

    sehari sebelum saya posting tulisan di atas. berarti tanggal 16 April lalu. saya posting link post dari blogvertise, tentang cheaperthanhotel. kayaknya advertiser ini memang banyak banget masang iklan. yang sangat saya sayangkan, blog itu saya fokuskan untuk payperpost yang harga reviewnya relatif lebih tinggi. sudah satu minggu ini saya nyaris tak ada tawaran review dari payperpost.

  3. dwi said

    wah sy jg hy cm py 1 yg ranknya lumayan…di bv …waduh…cheaperthan ini mintanya 4 links..walah….dulu 1 paid diselingin 2 non paid masih kena gebuk 4 jd 3, lha sekarang kalo 1 paid diselingin 3 non apa msih kena gebuk ya…

  4. suti said

    baru tahu saya kalo PR bisa turun

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Leave a Reply

