Jeruk makan jeyuk…

Hati-hati dengan bisnis model ini karena pada dasarnya mereka tak menjanjikan apapun kecuali menjual bisnis itu sendiri. Model bisnis internet yang seperti ini banyak tersebar di internet. Modusnya menjanjikan anda mendapatkan penghasilan tertentu dengan tips atau tool tertentu dan untuk mendapatkannya anda tak gratis. Ada upeti yang harus anda bayar. Dan yang mengecewakan, tool dan tips itu hanya tipu-tipu belaka. Cara kerja sebenarnya, agar anda mendapatkan penghasilan adalah dengan melakukan duplikasi, menjual kembali bisnis itu ke orang lain. Namanya jeruk makan jeruk.

Pertama, bisnis dengan modus investasi atau arisan yang menggunakan cara kerja MLM, member get member. Cara ini akan menguntungkan member yang ada di atas, yang dibawah jika tak mencari member tak akan dapat bonus seperti yang dijanjikan. Di atas kertas, dengan penjabaran skema MLM, keuntungan akan tampak berlipat, tapi dalam prakteknya, pohon jejaring MLM itu tak punya jaminan akan terpenuhi berjalan 100%.

Kedua, bisnis ebook, salah satu yang populer adalah ebook adsense atau yang menjanjikan produk adsense template atau web siap pakai. Dalam prakteknya, web model beginian susah mendongkark penghasilan adsense, karena pada prinsipnya kunci adsense adalah traffic dan sedikit teknik. Situs dengan konten automatic feed sulit menggaet traffic. Akhirnya, mereka yang sudah kadung membeli ebook, akan mencari keuntungan dari menjual ebook. Jeruk makan jeruk lagi🙂

Tapi, tak semuanya jelek. Dari sekian yang menjual tips itu, ada yang benar-benar menjual tips yang akan membantu anda, tentu saja jika anda mau mempelajarinya tidak KESUSU pengen mencari jalan pintas. Ingat, tak ada jalan pintas. Semua butuh proses.

Intinya, anda perlu jeli sebelum membeli produk, begitu pula sebelum memutuskan untuk mengikuti program atau bisnis tertentu. Pelajari cara kerjanya, jika anda sudah tau, bisnis apapun silakan dijalankan. Toh kalau memang tidak menguntungkan, dari awal memang anda sudah bisa memosisikan diri. Semoga bermanfaat. [tulisan ini sebelumnya diposting di blog rahasiabisnis.wordpress.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: